Cara Membuat Resume Jurnal yang Baik dan Benar

No comment 2327 views

Resume Jurnal –┬áJurnal merupakan salah satu referensi atau sumber rujukan yang banyak digunakan dalam penulisan tugas akhir atau tugas akademik lainnya. Ketika menggunakannya sebagai bahan rujukan tentulah tidak bisa asal mengambil dan menyalin dari jurnal. Anda harus meresumenya terlebih dahulu agar nantinya tidak dianggap sebagai tindakan plagiarisme. Untuk itu Anda juga harus mempelajari dan mengetahui cara meresume jurnal yang baik dan benar.

pixabay

Mengapa Harus Mengetahui Cara Membuat Resume Jurnal?

Tulisan dalam bentuk jurnal ilmiah memang sangat direkomendasikan sebagai bahan referensi dalam penyusunan tugas akademik. Hal tersebut karena dalam penulisan jurnal sendiri harus melalui proses akademik yang lama dan panjang, seperti penelitian, pembacaan, hingga verifikasi sebelum akhirnya bisa layak untuk diterbitkan.

Meskipun jurnal merupakan salah satu sumber rujukan yang banyak digunakan dan direkomendasikan dalam penyusunan berbagai tulisan ilmiah, namun Anda tidak boleh asal mengambil rujukan tersebut. Ada tata cara yang harus Anda lakukan, karena jurnal-jurnal tersebut memiliki hak cipta, apalagi yang sudah mendapatkan verifikasi dan berstandar.

Salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan ketika ingin menggunakan jurnal sebagai bahan rujukan adalah meresume jurnal tersebut. Resume jurnal adalah satu dari sekian banyak cara untuk memasukkan jurnal sebagai bahan referensi. Masih ada cara lain seperti mengutip. Kedua cara tersebut memiliki kesamaan, yakni tidak boleh ditulis sama persis dengan sumber aslinya.

Nah, dalam meresume jurnal juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada cara-cara yang bisa Anda lakukan, selain untuk memudahkan dalam menuliskan kembali ke dalam tugas atau tulisan Anda, juga untuk menghindarkan Anda dari bentuk plagiasi. Untuk itu berikut ini adalah cara membuat resume jurnal yang bisa Anda terapkan.

Cara Meresume Jurnal yang Baik dan Benar

Meresume atau meringkas pada dasarnya adalah menyorot dan mengambil gambaran inti dari sesuatu yang dibaca, baik dalam bentuk bacaan umum maupun akademik. Dalam hal ini yang akan dibahas adalah tentang jurnal.

Artikel Terkait :

Pengertian dan Cara Mereview Jurnal.

Format Review Jurnal Standar, Ilmiah dan Internasional.

Jurnal yang merupakan hasil dari studi penelitian dan sudah diterbitkan ini adalah salah satu rujukan yang bisa Anda gunakan dalam penyusunan studi penelitian lain maupun penyusunan tugas. Dalam membuat ringkasan atau resume jurnal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal tersebut bertujuan agar artikel yang akan dibuat ringkasan nantinya bisa menghasilkan resume yang efektif dan informatif.
Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam menyusun ringkasan atau resume jurnal, baik jurnal yang berstandar nasional maupun resume jurnal internasional.

cara meresume jurnal yang baik dan benar - Resume Jurnal

pixabay

1. Membaca Abstrak

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam cara meresume jurnal penelitian adalah membaca abstraknya terlebih dahulu. Membaca abstrak akan mempermudah Anda dalam memahami keseluruhan isi jurnal. Hal ini karena abstrak sendiri merupakan ringkasan dari keseluruhan isi dari jurnal tersebut. Namun, yang harus Anda perhatikan adalah bahwa meskipun menyediakan ringkasan isi, baik abstrak atau resume adalah hal yang berbeda, karena abstrak isinya lebih padat dan cenderung tidak menjelaskan isi jurnal secara rinci.

2. Pahami Konteks dari Penelitian atau Isi Jurnal

Setelah membaca abstrak dan mengetahui garis besar penelitian, pastikan Anda juga memahami konteks dari penelitian yang dibuat. Hal ini adalah poin penting dalam cara resume jurnal, terutama jurnal penelitian. Pastikan Anda mengetahui poin-poin penting dalam penelitian seperti topik apa yang diangkat, tujuan mengangkat topik tersebut dan pentingnya topik tersebut untuk diangkat. Hal ini akan memberikan poin lebih dalam ringkasan jurnal Anda nantinya.

3. Langsung Baca Kesimpulan

Jika sudah melaksanakan kedua hal di atas, langkah selanjutnya adalah membaca kesimpulan. Mengapa langsung ke kesimpulan? Tujuannya adalah menjawab hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya, yakni apakah penelitian menjawab tujuan dari pemilihan topik dan apakah penelitian tersebut berhasil membawa kebaruan atau menguatkan penelitian yang sudah ada sebelumnya.

4. Membaca Scanning Keseluruhan Jurnal

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan pembacaan seklias atau scanning pada jurnal secara keseluruhan. Meskipun dibilang membaca sekilas, namun pastikan Anda mendapatkan poin dan fokus utama dari penyusunan jurnal atau penelitian yang dibahas di dalam jurnal tersebut. Hubungkan dengan gagasan utama yang disampaikan di bagian awal jurnal yaitu di bagian abstraknya.

5. Membuat Catatan

Hal terakhir dan tak kalah penting dalam cara meresume jurnal adalah membuat catatan kecil. Membuat catatan kecil tentang poin-poin penting dalam jurnal sambil membaca akan memberikan efisiensi waktu bagi Anda dalam menyusun rangkuman jurnal ilmiah. Dengan mencatat poin-poin penting tersebut, Anda juga akan bisa mendapatkan fokus dari penelitian yang dilakukan dalam menyusun jurnal tersebut.

Bagaimana Format Resume Jurnal yang Baik dan Benar?

Jika Anda sudah mengetahui bagaimana teknik penyusunan resume atau ringkasan jurnal yang baik, selanjutnya Anda juga harus mengetahui bagaimana penyusunan penulisannya. Ada banyak contoh resume jurnal yang benar yang bisa Anda jadikan sebagai panduan dalam penyusunan ringkasan jurnal penelitian ini.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam menyusun ringkasan atau resume jurnal, berikut ini adalah format resume jurnal yang bisa Anda jadikan panduan dalam menyusun ringkasan jurnal.

pixabay

1. Definisikan Rumusan Masalah

Pada bagian awal atau pendahuluan ringkasan yang Anda buat, rumusan masalah yang mencakup fokus dan tujuan dari penelitian harus Anda cantumkan terlebih dahulu. Anda bisa mendeskripsikannya dengan menggunakan bahasa Anda sendiri. Dalam kebanyakan contoh resume jurnal penelitian, bagian awal ini juga mencakup argumen dari penulis jurnal tentang apa yang ingin dibuktikan dari penelitian yang dibuat.

2. Metodologi Penelitian

Pada bagian kedua ini tidak perlu dijelaskan secara spesifik. Cukup jelaskan dengan menggunakan gagasan sederhana tentang jenis data yang digunakan dan metode yang digunakan dalam menganalisa data yang didapat tersebut. Dalam beberapa contoh resume jurnal internasional, bagian ini masuk ke bagian pendahuluan sehingga lebih efisien.

3. Hasil Penelitian

Inilah yang paling penting dalam penyusunan resume jurnal, yaitu hasil penelitian. Pada bagian ini Anda harus menjelaskan secara rinci hasil yang didapatkan dari penelitian tersebut. Apakah tujuan yang dirumuskan oleh peneliti berhasil dicapai dan bagaimana cara peneliti mendapatkan hasil tersebut.

4. Menulis Kesimpulan

Bagian terakhir adalah membuat kesimpulan dari ringkasan jurnal yang sudah Anda buat. Melalui 3 langkah sebelumnya, Anda bisa membuat kesimpulan dengan menggunakan gagasan sendiri berdasarkan kesimpulan yang sudah ditulis oleh peneliti sebelumnya.

Menjadikan jurnal penelitian ilmiah sebagai sumber rujukan dalam mengerjakan tugas akademik maupun tugas akhir memang menjadi sebuah kebutuhan bagi para akademisi. Meskipun demikian banyak yang tidak memahami tentang bagaimana cara mencantumkan jurnal ilmiah ini sebagai bahan rujukan yang baik dan benar. Hasilnya, pelanggaran hak cipta dan plagiasi pun tidak dapat dihindarkan.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, membuat rangkuman atau ringkasan jurnal terlebih dahulu sebelum memasukkannya di dalam tugas atau penelitian yang Anda buat merupakan solusi yang sangat tepat. Ada banyak contoh resume jurnal yang bisa Anda tiru dalam membuat ringkasan jurnal penelitian ini. Informasi tentang langkah-langkah dan format penulisan rangkuman jurnal di atas juga bisa menjadi panduan Anda dalam membuat resume jurnal yang baik dan benar.

Artikel Lainnya :

Cara Mencari Jurnal Internasional Beserta Situsnya.
Contoh Jurnal Lengkap Beserta Pengertiannya.
Jurnal Penelitian: Contoh, Kualitatif, Kuantitatif, Resume.

author
Author: 

    Leave a reply "Cara Membuat Resume Jurnal yang Baik dan Benar"