Jurnal Penelitian: Contoh, Kualitatif, Kuantitatif, Resume

Kebenaran dari sebuah peristiwa yang terjadi saat ini bisa dibuktikan dengan melakukan sebuah penelitian. Aktivitas tersebut biasa dilakukan oleh kalangan akademisi baik yang bekecimpung di dunia pendidikan atau ilmiah untuk mendapatkan sebuah rangkuman. Selanjutnya laporan yang diperoleh disajikan dalam bentuk jurnal penelitian.

contoh jurnal penelitian terbaru

pixabay

Jurnal tersebut memiliki manfaat yang sangat penting bagi penelitian selanjutnya. Selain untuk memperoleh informasi, juga dijadikan acuan dalam menentukan keputusan. Saat ini sangat mudah untuk mendapatkan artikel ilmiah dari berbagai bidang dengan mengakses website resminya.

Bagi pelajar dan mahasiswa sangat penting untuk menguasai tahapan membuat laporan tersebut baik dengan review jurnal penelitian maupun melakukan penelitian sendiri. Ada banyak metode yang dapat digunakan seperti kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya harus bisa dipertanggungjawabkan karena kelak akan dijadikan pedoman untuk aktivitas selanjutnya.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Mereview Jurnal.

Komponen dalam Jurnal Penelitian yang Harus Ada

Artikel yang dibuat secara ilmiah harus memiliki susunan yang rapi dan terstruktur. Tujuannya tentu untuk memudahkan dalam menganalisa sehingga pembaca bisa langsung mengetahui proses dan hasilnya. Ada beberapa jenis jurnal yang banyak dicari di internet salah satunya adalah jurnal penelitian akuntansi. Adapun komponen yang wajib ada dalam laporan ilmiah, diantaranya adalah:

• Judul Jurnal

Judul yang digunakan harus singkat dan padat serta informatif. Maksimal hanya terdiri dari 13 kata yang mewakili substansi dari penelitian tersebut. Dibawahnya ditambahkan nama penulis tanpa gelar serta instansi asal.

• Abstrak dan pendahuluan

Dalam contoh jurnal penelitian, abstrak dibuat dalam bahasa Indonesia dan inggris pada satu alenia. Isinya menggambarkan tentang tujuan, metode, hasil serta kata kunci. Sementara pendahuluan menerangkan tentang latar belakang permasalahan, kerangka pikir, dan juga hipotesis.

• Metode dan hasil penelitian

Teknik pengumpulan data, lokasi, waktu, dan juga data responden akan dijelaskan lebih rinci pada bagian metode. sedangkan analisis data yang diperoleh akan dituliskan secara lengkap pada bab hasil penelitian. Data yang didapatkan dapat berupa statistik maupun verbal.

• Pembahasan

Data yang diperoleh tadi berfungsi untuk memperkuat hipotesis yang dibuat sebelumnya. Jika ternyata terbukti, maka dilakukan pembahasan mengenai fakta tersebut. Sedangkan jika gagal, maka isi dari bagian ini berupa alasan mengapa tidak terbukti serta kemungkinan lainnya yang mempengaruhi hasil penelitian.

• Kesimpulan, ucapan terima kasih, dan kutipan

Pada bagian akhir akan diberikan kesimpulan mengenai analisis yang sudah dilakukan serta beberapa saran. Ucapan terima kasih juga dituliskan kepada responden, narasumber, serta pihak terkait lainnya. Sementara kutipan yang dipakai untuk membuat jurnal harus disebutkan pada bagian daftar isi. Laporan ini bisa disajikan dalam bentuk fisik ataupun jurnal penelitian pdf.

Baca Juga : Format Review Jurnal Standar, Ilmiah dan Internasional.

4 Contoh Jurnal Penelitian di Berbagai Bidang

jurnal penelitian kualitatif dan kuantitatif

pixabay

Masyarakat umum banyak yang kurang paham mengenai pentingnya jurnal. Padahal manfaatnya tidak sebatas pada pendukung untuk mendapatkan kelulusan atau sertifikat saja, melainkan juga sebagai sumber untuk mendapatkan data yang pasti. Selain dapat memperoleh informasi mengenai contoh review jurnal penelitian, bisa dengan melakukan analisisi secara langsung. Adapun jenis yang ada saat ini yaitu:

• Jurnal pendidikan

Pembahasan yang diberikan adalah seputar dunia akademik yang sangat bermanfaatkan bagi kemajuan pendidikan selanjutnya. Contohnya adalah jurnal penelitian tindakan kelas yang dibuat untuk mengetahui metode dan media mengajar apa yang pas untuk sebuah materi serta untuk memperoleh respon dari siswa. Jurnal penelitian pendidikan pdf banyak ditemukan di situs resmi kampus, sekolah, dan lain-lain.

• Jurnal ilmiah

Isi dari laporan ini harus sistematis dan sesuai dengan aturan. Beberapa contohnya adalah jurnal penelitian kualitatif pdf serta kuantitatif. Selain menggunakan salah satu metode tersebut, tak jarang ada yang menggabungkan keduanya supaya data yang diperoleh lebih bisa dipertanggungjawabkan untuk membuktikan sebuah hipotesis.

• Jurnal skripsi

Jenis yang satu ini sering dijadikan sumber untuk penulisan berbagai makalah serta laporan atau bahkan jurnal. Metode yang digunakan juga beragam dan banyak yang mengunduh contoh jurnal penelitian kualitatif agar mudah dipelajari. Hasil dari skripsi ini nantinya juga akan dijadikan acuan untuk jenis penelitian yang sama.

• Jurnal Akuntansi

Jurnal ini mengkaji tentang permasalahan yang berkaitan dengan bidang akuntan. Berdasarkan pada metode yang digunakan, terdapat juga jurnal penelitian kuantitatif. Laporan yang bersifat ilmiah dan disusun secara terstruktur ini biasa dikeluarkan selam periode tertentu antara 3 hingga 6 bulan. Fungsinya sebagai acuan untuk melakukan evaluasi.

Artikel terkait : Cara Mencari Jurnal Internasional Beserta Situsnya.

3 Perbedaan Jurnal Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

jurnal penelitian akuntansi terbaik

pixabay

Secara singkat, jurnal penelitian kualitatif mendapatkan hasil dari pengumpulan data. Sementara untuk kualitatif diperoleh dari menghubungkan interaksi sebab akibat. Keduanya dapat dilakukan secara terpisah atau bahkan menggabungkannya bergantung pada sudut pandang peneliti. Tahapan yang dilakukan tidaklah sama dan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Banyak yang beranggapan bahwa jurnal penelitian kuantitatif pdf hanya bersifat sebagai pelengkap dan bukan inti dari penelitian. Anggapan tersebut tentu tidak dapat dibenarkan sebab metode tersebut pada beberapa kasus malah menjadi pedoman dalam memecahkan permasalahan. Secara umum terdapat beberapa perbedaan yang harus diketahui, diantaranya:

• Interaksi

Hubungan antara peneliti dan objek pada penelitian yang bersifat kuantitatif lebih independen. Sedangkan untuk kualitatif saling bergantung serta interaktif dimana satu dan lainnya tidak bisa dipisahkan.

• Peranan nilai

Kuantitatif lebih memberikan kebebasan dimana peneliti bebas dan bersifat objektif. Lain halnya jika menggunakan pendekatan kualitatif, nilainya tidak bebas dan subjektif. Peneliti sangat bergantung pada objeknya.

• Realitas

Realitas yang terdapat pada pendekatan kuantitatif adalah konkrit, tunggal, dan dapat difragmentasi. Pada kualitatif realitas yang diberikan sifatnya ganda atau majemuk. Inilah yang menjadi dasar pembangunan pola pikir untuk membuktikan kebenaran sebuah hipotesis menggunakan salah satu pendekatan atau mengkombinasikannya.

Cara Resume Jurnal Penelitian dengan Benar

Ada banyak aturan yang harus dipatuhi untuk membuat analisa yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan, salah satunya adalah cara mengutip dari jurnal penelitian. Sumbernya harus benar dan nama penulis jangan sampai keliru. Hal tersebut untuk menghargai sumber yang digunakan untuk acuan. Penulisannya juga sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Jika ingin merangkum artikel, ada beberapa prosedur yang harus dijalani. Cara meresume jurnal penelitian sangat mudah asalkan menguasai bidang yang dibahas. Pokok pemikiran harus didapatkan serta tujuan dari melakukan peringkasan. Adapun teknik resume dengan cepat dan benar adalah:

1. Membaca abstrak pada jurnal atau artikel secara keseluruhan
2. Memahami konteks yang terdapat dalam jurnal
3. Membaca kesimpulan untuk mengetahui hasil dari pembuktian hipotesis
4. Mengidentifikasi permasalahan yang diulas pada jurnal
5. Meninjau pendapat yang diberikan oleh peneliti
6. Membuat catatan kecil sebagai kerangka resume

Artikel Lainnya : Contoh Jurnal Lengkap Beserta Pengertiannya.

Penelitian tidak hanya melibatkan objek dan subjek saja, melainkan juga pihak lain yang akan menggunakan jurnal tersebut sebagai acuan dan pedoman. Evaluasi juga diperlukan yang ditulis dalam contoh critical review jurnal penelitian. Selain prosedur yang dilakukan sesuai dengan ketentuan, analisa juga harus dilakukan dengan tepat supaya data yang dihasilkan bisa ditanggungjawabkan kebenarannya.

author
Author: 

    Leave a reply "Jurnal Penelitian: Contoh, Kualitatif, Kuantitatif, Resume"