Contoh Jurnal Lengkap Beserta Pengertiannya

No comment 287 views

Bagi para akademisi pasti sudah tidak asing dengan jurnal. Ya, jurnal merupakan salah satu sumber terpercaya yang bisa dijadikan sebagai rujukan dalam penyusunan tugas akhir atau penelitian. Jurnal yang dipakai pun harus sudah memiliki standar baik nasional maupun internasional. Contoh jurnal yang bisa dipakai untuk penelitian ini pun bisa Anda temukan di berbagai situs penyedia jurnal.

Contoh Jurnal Paling Lengkap

Pixabay

Apa itu Jurnal dan Contoh Jurnal

Di dalam dunia pendidikan, jurnal merupakan sebuah sumber terpercaya dan bersifat ilmiah. Mengapa bersifat ilmiah? Karena dalam penulisannya, jurnal ilmiah ini sudah melalui serangkaian proses, mulai dari penelitian oleh penulis yang notabene adalah orang yang ahli di bidangnya, hingga proses pembacaan ulang dan editing yang ketat. Karena itulah contoh jurnal ilmiah adalah referensi atau rujukan yang banyak digunakan.

Dalam penerbitan jurnal ilmiah, masih ada lagi standar yang harus dipenuhi oleh penulis agar jurnalnya bisa diterbitkan. Baik standar nasional maupun internasional menjadi syarat yang harus dipenuhi agar jurnal tersebut bisa dijadikan sebagai sumber rujukan. Dalam penulisan tugas akhir misalnya, jurnal yang banyak digunakan adalah jurnal berstandar internasional.

Jika Anda membutuhkan, ada banyak contoh jurnal internasional yang bisa didapatkan secara gratis untuk membantu menyelesaikan tugas akhir Anda. Jurnal internasional gratis ini biasanya disediakan oleh lembaga atau situs-situs akademik tertentu. Anda hanya harus mendaftarkan diri sebagai anggota dan Anda bisa mendapatkan berbagai macam jurnal internasional gratis.

Situs-situs penyedia jurnal itu tidak hanya menyediakan jurnal berbagai bidang keilmuan dengan berbagai standar saja, namun juga tersedia dalam berbagai bahasa. Tak perlu khawatir jika Anda tidak bisa menggunakan jurnal berbahasa Inggris, situs-situs tersebut juga menyediakan contoh jurnal bahasa Indonesia.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Mereview Jurnal.

Situs Penyedia Contoh Jurnal Internasional

Jika kebetulan Anda sedang dalam proses mengerjakan tugas akhir dan membutuhkan rujukan untuk menguatkan hasil penelitian Anda, jurnal berstandar internasional adalah sumber rujukan yang tepat. Sayangnya banyak yang menyangka jika untuk mendapatkan jurnal berstandar internasional itu harus membayar mahal. Hal tersebut salah besar karena situs-situs berikut ini bisa memberikan Anda contoh jurnal internasional pdf yang bisa Anda unduh sebagai bahan rujukan.

1. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

Situs pertama yang akan membantu Anda mendapatkan contoh jurnal pdf berstandar internasional dan bisa diunduh adalah DOAJ. Situs ini sudah terkenal di kalang akademisi karena jumlah jurnal yang disediakan begitu banyak dan dari berbagai bidang ilmu pengetahuan.

2. Google Scholar

Situs selanjutnya yang bisa menjadi tempat mencari rujukan jurnal berstandar nasional dan internasional adalah Google Scholar. Di situs ini Anda bisa mendapatkan contoh jurnal dalam berbagai bahasa, baik contoh jurnal bahasa Inggris maupun Indonesia.

3. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Satu lagi situs yang harus Anda kunjungi untuk mendapatkan jurnal berstandar nasional adalah Perpusnas. Disini Anda bisa mendapatkan jurnal dari berbagai bidang keilmuan, misalnya contoh jurnal sistem informasi, yang diterbitkan dalam bahasa Indonesia tentunya.

4. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia (JAKI)

Bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan di bidang Akuntansi, situs ini bisa membantu mengerjakan semua tugas kuliah maupun tugas akhir Anda. Disini Anda akan mendapatkan banyak contoh jurnal akuntansi yang sudah berstandar nasional. Tak perlu khawatir, karena semua jurnal yang ada disini bisa Anda dapatkan secara gratis.

Baca Juga : Cara Mencari Jurnal Internasional Beserta Situsnya.

Pengertian dan Contoh Jurnal Akuntansi

Berbicara tentang ilmu ekonomi dan akuntasi, jurnal yang dimaksud dalam ilmu memiliki pengertian yang sedikit berbeda dengan jurnal yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dalam ilmu akuntansi, yang dimaksud dengan jurnal adalah catatan yang berisi semua transaksi yang dilakukan secara rinci oleh sebuah perusahaan. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa jenis contoh jurnal keuangan yang dikenal dalam ilmu akuntansi.

1. Jurnal Umum

Ini adalah jurnal yang berisi informasi transaksi perusahaan yang terjadi pada tanggal tertentu. Jurnal ini umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Sebut saja perusahaan jasa. Dalam contoh jurnal umum perusahaan jasa misalnya, informasi yang tertulis adalah informasi umum seperti debet, kredit, tanggal transaksi dan lain-lain.

Begitu pula informasi yang tertulis dalam contoh jurnal perusahaan dagang. Karena sifat transaksinya masih umum, maka informasi yang tertulis juga informasi umum.

2. Jurnal Khusus

Berbeda dengan jurnal umum, jurnal khusus ini berisi catatan khusus terhadap transaksi sejenis atau serupa yang terjadi secara berulang-ulang. Jika menyebutkan contoh jurnal khusus, maka Anda juga harus mengetahui macam-macam jurnal khusus, yaitu:

a. Jurnal Pembelian

Ini adalah jenis jurnal khusus yang pertama. Di dalam contoh jurnal pembelian nantinya akan berisi informasi transaksi pembelian barang yang dilakukan secara kredit.

b. Jurnal Penjualan

Sama seperti namanya, di dalam contoh jurnal penjualan berisi tentang semua transaksi penjualan baik dalam bentuk barang maupun jasa yang dilakukan secara kredit.

c. Jurnal Pengeluaran Kas

Jenis jurnal khusus selanjutnya adalah jurnal pengeluaran kas. Di dalam contoh jurnal pengeluaran kas ini berisi tentang semua informasi transaksi pengeluaran, baik tunai maupun kas seperti beban, pembayaran utang dan sebagainya.

d. Jurnal Penerimaan Kas

Berbanding terbalik dengan jurnal pengeluaran kas, di dalam contoh jurnal penerimaan kas berisi tentang informasi transaksi penerimaan uang baik dalam bentuk cek atau kas. Sumber penerimaan itu bisa berasal dari penjualan tunai maupun penerimaan piutang.

e. Jurnal umum

Berbeda dengan contoh jurnal umum yang disebutkan sebelumnya, jurnal umum ini hanya dipakai untuk mencatat transaksi lain selain transaksi yang sudah dicatat di dalam jurnal khusus. Misalnya perusahaan membuat 2 jurnal khusus, yaitu jurnal penjualan dan pengeluaran kas, maka jurnal umum ini akan mencatat transaksi selain kedua transaksi tersebut.

3. Jurnal Penyesuaian

Di dalam ilmu akuntansi juga dikenal jurnal penyesuaian. Jurnal ini dibuat di akhir periode tujuannya untuk menyesuaikan saldo perkiraan. Dengan begitu sebelum laporan keuangan disusun, saldo akun bisa menunjukkan keadaan yang sebenarnya. Pembuatan contoh jurnal penyesuaian tak jauh berbeda dengan jurnal umum.

4. Jurnal Penutup

Jurnal jenis ini dibuat di akhir periode akuntansi. Tujuannya adalah untuk menutup rekening nominal. Akibatnya, rekening di awal periode akuntansi nantinya bernilai nol. Contoh jurnal penutup ini bisa ditemukan dengan mudah sebagai bahan pembelajaran.

Selain jurnal seperti yang dijelaskan di atas, dalam ilmu akuntansi juga dikenal buku besar. Buku besar ini adalah akun-akun yang dikumpulkan menjadi sebuah kumpulan yang digunakan untuk merangkum semua transaksi yang sebelumnya dicatat di dalam jurnal.

Setelah setiap transaksi yang dilakukan dicatat dan direkam di dalam jurnal-jurnal seperti yang dijelaskan di atas, maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengumpulkan jurnal-jurnal tersebut ke dalam sebuah buku besar.

Pada bagian akuntansi setiap pasti memiliki contoh buku besar yang merupakan kumpulan jurnal-jurnal dari periode-periode sebelumnya. Nah, itulah tadi penjelasan lengkap tentang jurnal baik yang dikenal secara umum maupun istilah jurnal dalam bidang akuntansi.

author
Author: 

    Leave a reply "Contoh Jurnal Lengkap Beserta Pengertiannya"