Pengertian dan Cara Mereview Jurnal

No comment 3123 views

Apa itu review jurnal?, sebelum mengulas hal tersebut lebih dalam, terlebih dahulu kita akan membahas apa yang dimaksud dengan review.

Menurut Wikipedia, A review is an evaluation of a publication, service, or company such as a movie (a movie review), video game (video game review), musical composition (music review of a composition or recording), book (book review); a piece of hardware like a car, home appliance, or computer; or an event or performance, such as a live music concert, play, musical theater show, dance show, or art exhibition. nah itu bahasa inggrisnya kalau diartikan Review adalah evaluasi publikasi, Layanan, atau perusahaan film (film review) video game (permainan video review), komposisi musik (musik review komposisi atau rekaman), buku (buku review); sepotong hardware seperti mobil, rumah alat, atau komputer; atau acara atau kinerja, seperti konser musik, bermain, Penampilan Teater musikal, pertunjukan tari, atau pameran seni.

Sekarang apa yang dimakasud review Jurnal?, Review jurnal adalah sebuah text yang dibuat untuk memberikan tinjauan kepada suatu jurnal, yang bertujuan untuk mengetahui kelebihan, kekurangan serta kualitas yang dimiliki oleh suatu jurnal.

Cara Review Jurnal

Tujuan Mereview Jurnal

Review jurnal pada umumnya memiliki tujuan agar memberikan sedikit informasi, gambaran dan gagasan tentang suatu jurnal yang telah dibuat.

Cara Mereview Jurnal

Jurnal memiliki berbagai macam jenis diantarnya ada jurnal internasional, ilmiah, penelitian dan lain lain, tentunya dari sekian banyak jenis jurnal tersebut mempunyai  cara tersendiri dalam mereviewnya dan itu kembali kepada pribadi kita masing masing, langkah apa yang tepat yang harus kita lakukan.

Nah,pada kali ini saya akan memberikan langkah langkah yang harus anda perhatikan dalam review berbagai jenis jurnal baik jurnal penelitian, jurnal ilmiah dan jurnal internasional sebelumnya saya akan memberikan tips tips dalam memilih jurnal yang anda ingin review.

  1. Pilih yang jumlah halamannya tidak terlalu banyak

Nah ini adalah langkah pertama yang cocok anda gunakan, apalagi Anda masih dalam tahap belajar, mengapa saya katakan demikian? Karena dengan memilih jurnal yang jumlah halamnnya sedikit maka itu akan membuat anda lebih kreatif dalam membuat review yang padat dibandingkan dengan jurnal yang halamnnya terlalu banyak sehingga anda akan bingung sendiri mau review dari segi apanya, karena saking lengkapnya jurnal tersebut, hahaha…

  1. Pilih jurnal yang mengandung nilai positif yang banyak

Ini tujuannya agar dosen yang menilai jurnal kalian akan cederung merasakan mood yang bagus, seakan akan Anda memberikan sugesti positif, sehingga penilainnya akan ikut bagus dan hasilnya akan memuaskan.  Nah itulah cara goib yang kedua.

  1. Pilih jurnal yang reviewnya banyak

Saya lebih condong untuk mengatkan sebagai teknik re-write hasil review orang, anda tinggal menambahkan beberapa kata kata dan membuatnya tampak seperti hasil review anda sendiri, cara ini tergolong sangat mudah karena Anda hanya perlu melakukan copy paste dan membumbuhi kata katanya agar menjadi lebih baru lagi, dan tentunya teknik ini juga tidak terlalu menguras waktu dan pikiran Anda untuk digunakan membaca jurnal yang panjang.

Nah itulah 3 tips singkat yang dapat  anda terapkan dalam memilih jurnal, Nah Selanjtnya saya akan memberikan informasi mengenai :

Cara yang review jurnal yang baik dan benar

  1. Mereview jumlah halaman

Hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah memperhatikan jumlah halaman, Agar anda dapat dikatakan bagus dan teliti dalam melakukan review anda bisa melakukan cara ini dengan memperhatikan berapa jumlah halamnnya termasuk jenis kertas apa yang dipakai.

  1. Baca poin penting yang ada pada jurnal

Pada langkah yang kedua ini Anda hanya cukup membaca dan mencari poin penting yang terkandung dalam jurnal tersebut. Anda tidak diharuskan membaca keseluruhannya karena akan memakan banyak waktu, jangan lupa untuk mencatat hal hal penting yang anda temukan yang selanjutnya anda bisa paparkan lebih dalam lagi dengan cara mencari berbagai referensi di internet. Pastikan Anda mencari referensi yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan agarreview yang anda buat tidak sia sia.

  1. Membuat bagian pembukaan review

Buatlah pembukaan jurnal seperti anda membuat kata pengantar dalam dalam makalah, isinya saya rasa sama saja, bisa berupa ucapan puji syukur, shalawat dan salam serta ucapan terima kasih kepada pihak yang terkait selama pembuatan review.

Contohnya seperti  ini : Segala puji dan syukur kita ucapkan kepada Allah azza wa jalla, yang mana dengan berbagai macam nikmatnya yang telah diberikan kepada kita, berupa  kecerdasan, waktu luang dan masih banya lagi yang telah diberikannya kepada kita yang harus kita selalu syukuri, dan tak lupa juga kita kirimkan shalawat kepada nabi kita Muhammad Shallahu alaihi wa sallam, yang menjadi rasul dan nabi terakhir. Maka pada hari ini kami sampaikan bahwa penulisan review jurnal kami telah selesai. Tak lupa juga kami meminta terima kasih kepada seluruh pihak yang turut terkait dalam proses penyelesaiannya. Dan seterusnya Anda bisa tambah dan modifikasi sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Sertakan daftar isi

Dengan adanya daftar isi dapat memudahkan setiap orang yang ingin membaca hasil review Anda, menjadikannya mudah untuk dipahami dan disamping itu akan menjadi ciri khas dan pelengkap tersendiri.

  1. Buatlah Judul pada Isi

Dengan membuat judul maka akan memperjelas apa yang akan dibahas pada isi, serta memudahkan pembaca untuk mengetahui hal hal penting yang harus mereka baca, tertutama bagi orang orang yang tidak memiliki kebiasan membaca artikel dan ulasan yang panjang, maka tentu dengan meletakkan judul  ini sangat membantu bagi mereka.

  1. Buatlah keterangan Jurnal yang Anda Review

Dalam membuat keterangan jurnal, hal terpenting yang harus anda perhatikan adalah menuliskannya sesuai dengan naskah aslinya yang tertera pada jurnal, keterangan tersebut dapat berisi tentang Judul Jurnal, Penerbit dan tahun terbit Jurnal, Nama Penulis, Email Penulis. Tulislah dengan rinci dan jangan ada kata yang anda tinggalkan, dengan tujuan Anda dikatakn mereview secara rinci dan detail.

  1. Introduction/Perekenalan Jurnal

Perekenalkanlah jurnal yang Anda bahas dengan menuliskan bahwa betapa bagusnya jurnal tersebut untuk dibaca, disamping itu Anda dapat memperkanlan siapa penulis jurnal tersebut dari sisi prestasi dan penghargaan yang telah di daptkannya. Buatlah sebagus mungkin  dengan kata kata yang membuat minat para pembaca semakin bertambah.

  1. Metodelogi pembuatan jurnal

Jangan lupa untuk menuliskan Metodelogi yang digunakan dalam pembuatan jurnal pada review Anda, untuk menambah kesan profesionalitas sehingga pembaca dapat menilai  bahwa hasil review anda memang berkualitas.

  1. Tulislah Sumber Jurnal

Menulis sumber jurnal sangat penting, agar membantu pembaca mengetahui darimana sumber jurnal tersebut dan bagaimana anda mendapatkannya, sehingga para pembaca juga bisa membaca jurnalnya secara langsung dan tidak menutup kemungkinan pembaca juga akan membuat review seperti yang anda lakukan.

  1. Bagian isi dari Review yang Anda buat

Sebelumnya saya telah memberikan langkah untuk mempermudah pengerjaanbagian dari isi ini, yaitu dengan mencatat poin penting yang Anda temukan pada Jurnal, sehingga yang akan anda lakukan pada poin ini Anda hanya cukup merangkum poin penting yang telah Anda kumpulkan dan catat dengan membuat penjabaran sedikit, buatlah isinya secara padat serta mudah dipahami oleh pembaca.

  1. Menulis Kesimpulan

Setelah melalui berbagai langkah diatas saatnya anda menulis kesimpulan dari hasil yang telah anda dapatkan diatas. Buatlah kesimpulan yang menarik dan padat makna, saya sangat menyarankan agar kesimpulan yang anda buat meninggalkan kesan baik pada sipenulis jurnal sehingga hasil review yang anda buat terkesan bagus dan tidak ada tujuan untuk menyudutkan sipenulis dan hasil karyanya.

  1. Penutup Review

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan dan jangan sampai anda tinggalkan adalah menulis penutup. Dalam menulis penutup anda dapat menyampaikan kepada pembaca ucapan terima kasih telah membaca hasil review Anda, jangan lupa juga untuk meminta kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran mengenai hasil review anda, agar dalam penulisan review selanjutnya dapat anda maksimalkan lagi, anda juga dapat menyertakan kontak anda dihalaman penutup agar para pembaca dapat menyampaikan kritik dan saran melalu kontak anda.

Sekian yang bisa saya sampaikan mengenai Cara review jurnal yang baik dan benar, saya juga telah menulis artikel tentang Format Review Jurnal yang dapat anda baca, akhir kata saya meminta kepada para pembaca untuk meninggalkan tanggapan pada kolom komentar. Dan jika artikel ini dirasa sangat bermanfaat silahkan share dengan menekan tombol berbagi di sosial media.

author
Author: 

    Leave a reply "Pengertian dan Cara Mereview Jurnal"